SILABUS
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas : IV (empat)
Semester :
Ganjil
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||
3.6
Mengetahui Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un
dan Al-Fil dengan baik dan benar
4.6.1
Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un
dan Al-Fil dengan tartil
|
Membaca Q.S.
Al Falaq,
|
Mengamati
· Membaca Q.S. Al Falaq, dengan memperhatikan makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok
atau individual.
· Membaca secara berulang-ulang sampai hafal Q.S. Al Falaq, dengan
memperhatikan makhraj hurufnya.
.
Menanya
· memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa membaca al-Qur’an
harus dengan makhrijul huruf yang benar?
· - Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf?
Eksperimen/explore
· Diskusi tentang arti Q.S. Al Falaq, secara kelompok
· Diskusi tentang isi kandungan Q.S. Al Falaq, secara kelompok
Asosiasi
· Mencermati arti QS Al-Falaq
· Mencermati isi kandungan Q.S. Al Falaq,
· Menyimpulkan kandungan Q.S. Al Falaq,
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang arti dan isi kandungan Q.S. Al
Falaq secara kelompok
· Menanggapi hasil presentasi atau diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat
resume dibantu dan dibimbing guru
|
3.6.1 Membaca surat al-Falaq dengan tartil
|
Tugas
· Membaca
Q.S. Al Falaq
Observasi
Mengamati
Pelaksanaan membaca siswa dengan menggunakan lembar observasi
yang memuat:
· Judul
materi
· Kemampuan
membaca terdiri komponen: lancar-sedang- tidak
lancar
Unjuk
kerja
Mendemontrasikan Q.S Al-Falaq
Tes
Kemampuan
kognitif dengan bentuk soal tes isian
|
4x35 menit
|
· Al Quran
dan terjemahnya
· Buku PAI
dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
4.6.2
Menunjukkan hafalan Q.S. Al
Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fil dengan lancar.
|
Menghafal Q.S.
Al Falaq,
|
Mengamati
· Menghafal Q.S. Al Falaq, dengan memperhatikan makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok
atau individual.
· Menghafal secara
berulang-ulang sampai hafal Q.S. Al Falaq, dengan memperhatikan makhraj
hurufnya.
· Mendemontrasikan hafalan Q.S. Al Falaq, , secara klasikal,
kelompok atau individual.
Menanya
· memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa menghafal al-Qur’an harus dengan makhrijul huruf yang benar?
· - Bagaimana jika kita salah menghafal
makharijul huruf?
Eksperimen/explore
· Diskusi tentang hafalan Q.S. Al Falaq, secara kelompok
· Diskusi tentang isi kandungan Q.S. Al Falaq, secara kelompok
Asosiasi
· Menghafal Q.S. Al
Falaq, dengan
benar secara individu
· Mencermati
hafalan QS Al-Falaq
Komunikasi
· Menyampaikan
hasil diskusi tentang hafalan Q.S. Al Falaq, secara
kelompok
· Menanggapi hasil hafalan
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat
resume dibantu dan dibimbing guru
|
4.6.2.1
Menunjukkan hafalan surah al-Falaq.
|
Tugas
· Membaca
Q.S. Al Falaq,
· Menghapal
Q.S. Al Falaq
Observasi
Mengamati
Pelaksanaan hapalan siswa dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
· Judul
materi
· Kemampuan
menghapal terdiri komponen: lancar-sedang- tidak lancar
Unjuk
kerja
Mendemantrasikan kedepan kelas tentang hafalan Q.S. Al
Falaq
Tes
Kemampuan
kognitif dengan bentuk soal tes uraian
|
4x35 menit
|
· Al Quran
dan terjemahnya
· Buku PAI
dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
4.6.3 Menulis
kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan benar
|
Menulis Q.S.
Al Falaq
|
Mengamati
· Memnulis Q.S. Al Falaq
dengan memperhatikan rangkaian huruf hurufnya secara klasikal,
kelompok atau individual.
· Menunjukkan tulisan Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil, secara
individual.
Menanya
· memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa menulis al-Qur’an harus dimulai dari
sebelah kanan?
· Bagaimana jika kita salah menulis
huruf- huruf dari
ayat tersebut ?
Eksperimen/explore
· Diskusi tentang menulis Q.S. Al Falaq, secara kelompok
· Diskusi tentang isi kandungan Q.S. Al Falaq secara kelompok
Asosiasi
· Menulis Q.S. Al Falaq, dengan benar secara individu
· Mencermati tulisan QS Al-Falaq
· Mencermati isi kandungan Q.S. Al Falaq
·
Menyimpulkan kandungan Q.S. Al
Falaq
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang tulisan dan isi kandungan Q.S. Al
Falaq, secara kelompok
· Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi,
mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat
resume dibantu dan dibimbing guru
|
4.6.3.1
Menulis
kalimat-kalimat dalam al-Falaq.
|
Tugas
· Menulis Q.S. Al
Falaq,
Observasi
Mengamati
Pelaksanaan tugas menulis siswa dengan menggunakan lembar observasi
yang memuat:
· Judul
materi
· Kemampuan
menulis terdiri komponen: sangat
baik, baik, cukup dan kurang
Portofolio
Membuat ( menulis)
tentang Q.S. Al Falaq
Tes
Kemampuan
kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
|
4x35 menit
|
· Al Quran
dan terjemahnya
· Buku PAI
dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
· Poster
tulisan
· Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
3.3 Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir,
Al-‘Adil, Al-‘Azhim
|
Pengertian iman kepada Allah
|
Mengamati
·
Mencermati
menyimak tentang Allah itu ada secara klasikal, kelompok maupun individual.
·
Mengamati
gambar contoh tentang Allah itu ada secara klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang Allah itu ada
· Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang
yang menciptakan alam semesta ini?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan
isi gambar tentang Allah itu ada baik secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang
Allah itu ada
· Mengidentifikasi bukti tentang Allah itu ada
Komunikasi
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang Allah itu ada secara kelompok
·
Menyimpulkan
hasil diskusi kelompok tentang Allah itu ada Allah secara individual atau
kelompok
·
Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
3.3.1 Pengertian Allah Swt itu ada melalui pengamatan
terhadap makhluk ciptaanNya terutama yang ada di sekitar rumah dan sekolah.
|
Tugas
·
Mengisi
rubrik tentang Allah itu ada
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·
menceritakan
isi gambar tentang Allah itu ada
·
sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang tentang Allah itu ada
Tes
·
Tes
kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·
Tes
dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang Allah itu ada
|
4x35 menit
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
·
Gambar/ Poster
·
Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
3.3 Mengerti
makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
|
Al-Bashir,
Al-‘Adil, Al-‘Azhim
|
Mengamati
·
Menyimak
makna
Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
·
Mengamati
lafal
dan arti Asmaul
Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang lafal
dan arti Al-Bashir,
Al-‘Adil, Al-‘Azhim
·
Mengajukan
pertanyaan tentang makna Asmaul Husna: Al-Bashir,
Al-‘Adil, Al-‘Azhim
Eksperimen/explore
·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan lafal dan makna Asmaul
Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
Asosiasi
·
Membuat
catata hasil diskusi kelompok tentang
makna
Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
·
Menguhubungkan
tentang isi hasil diskusi sifat Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim Allah SWT dengan sikap manusia
dalam perilaku sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang makna Asmaul Husna: Al-Bashir,
Al-‘Adil, Al-‘Azhim
·
Menyampaikan
hasil belajar tentang lafal dan makna Asmaul
Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru
|
3.3.1 Makna Al-Bashir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azhim
|
Tugas
·
Melakukan
pengamatan terhadap lafal dan makna Asmaul Husna: Al-Bashir,
Al-‘Adil, Al-‘Azhim
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-
Makna
Asmaul
Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
-
sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan
dari hasil diskusi terkait dengan makna Asmaul
Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
Tes tertulis
·
Tes
dalam bentuk tulisan tentang: -
makna Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
|
4x35 menit
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls IV SD
·
Buku pelajaran al-Quran
·
Gambar/ Poster Asmaul Husna
·
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
1.6 Meyakini adanya Rasul-
Rasul Allah SWT
|
Pengertian rasul Allah
|
Mengamati
·
Menyimak
pengertian rosul Allah
· Mengamati makna
rosul Allah
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang pengertian
rosul Allah
·
Mengajukan
pertanyaan tentang pengertian rosul Allah
Eksperimen/explore
·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan pengertian rosul Allah
Asosiasi
·
Membuat
catata hasil diskusi kelompok tentang pengertian rosul Allah
·
Menguhubungkan
pelajaran tentang pengertian rosul Allah
·
Komunikasi
·
Menyampaikan
hasil diskusi pengertian rosul Allah
·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang pengertian rosul Allah
·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru
|
1.6.1 Meyakini adanya Rasul Allah Swt.
|
Tugas
·
Merangkum tentang
pengertian rosul- rosul Allah
Observasi
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·
Mendiskusikan
pengertian rosul Allah
·
sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang pengertian
rosul Allah
Tes tertulis
Tes
dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian pengertian
rosul Allah
|
4x35 menit
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls IV SD
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
2.1 Memiliki sifat jujur sebagai
Implementasi dari
pemahaman
Q.S At-
Taubah
(9):119
2.6 Memiliki sikap amanah
sebagai mplementasi
dari
pemahaman kisah
keteladan
Nabi
Muhammad SAW
|
Jujur dan
Amanah
|
Mengamati
·
Menyimak
penjelasan tentang sikap jujur dan amanah
·
Mengamati
gambar tentang sikap jujur dan amanah
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap jujur
dan amanah
·
Mengajukan
pertanyaan tentang tentang sikap jujur dan amanah
Eksperimen/explore
·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap jujur dan amanah
Asosiasi
·
Membuat
catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap jujur dan amanah
·
Menguhubungkan
pelajaran tentang jujur dan amanah
dengan sikap dan perilaku
warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang sikap jujur dan amanah
·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang sikap jujur dan amanah
·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru
|
2.1.1 Bersikap
dan berperilaku jujur, amanah.
|
Tugas
·
Membuat contoh-contoh sikap jujur
dan amanah
Observasi
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·
Mendiskusikan
pengertian sikap jujur dan amanah
·
sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang jujur dan
amanah
Tes tertulis
Tes
dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian sikap jujur
dan amanah
Non tes
Pengamatan
tentang perilaku:
·
jujur dan amanah
|
4x35 menit
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls IV SD
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
2.2 Memiliki
perilaku hormat
dan
patuh kepada
orangtua,
dan guru dan
sesama anggota keluarga
sebagai
implementasi dari
pemahaman
Q.S. Lukman
(31):
14
|
Hormat dan
Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
|
Mengamati
·
Menyimak
penjelasan tentang sikap Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
·
Mengamati
gambar tentang sikap Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang sikap Hormat dan
Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
·
Mengajukan
pertanyaan tentang sikap jujur dan amanah
Eksperimen/explore
·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap Hormat dan
Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
Asosiasi
·
Membuat
catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap Hormat dan
Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
·
Menguhubungkan
pelajaran tentang Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
dengan sikap dan perilaku
warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
Menyampaikan
hasil diskusi tentang sikap Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang sikap Hormat dan
Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru
|
2.2.1. Hormat, patuh, santun kepada orang tua dan guru
dalam kehidupan sehari-hari.
kehidupan
sehari-hari.
|
Tugas
·
Membuat contoh-contoh sikap Hormat
dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
Observasi
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·
Mendiskusikan
pengertian sikap Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
·
sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya
diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang Hormat dan
Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
Tes tertulis
Tes
dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian sikap Hormat
dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
Non tes
Pengamatan
tentang perilaku:
Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
|
4x35 menit
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls IV SD
·
Buku pelajaran Kisah patuh kepada orang tua dan
guru
·
Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
2.3 Memiliki sikap santun dan
menghargai teman, baik di rumah,
sekolah, dan di masyarakat sekitar
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hadiid (57): 9
|
Santun dan menghargai teman
|
Mengamati
·
Menyimak
penjelasan tentang sikap Santun dan menghargai teman
·
Mengamati
gambar tentang sikap Santun dan menghargai teman
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang sikap Santun dan menghargai teman
Mengajukan pertanyaan tentang sikap Santun dan menghargai teman
Eksperimen/explore
·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap Santun dan menghargai teman
Asosiasi
·
Membuat
catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap Santun dan menghargai teman
·
Menguhubungkan
pelajaran tentang Santun dan menghargai teman
dengan sikap dan perilaku
warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang sikap Santun dan menghargai teman
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap Santun dan menghargai teman
·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru
|
2.3.1Bersikap santun dan menghargai teman-teman dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tugas
·
Membuat contoh-contoh sikap Santun dan menghargai teman
Observasi
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·
Mendiskusikan
pengertian sikap Santun dan menghargai teman
·
sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang Santun dan menghargai teman
Tes tertulis
Tes
dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian sikap Santun dan menghargai teman
Non tes
Pengamatan
tentang perilaku:
Santun dan
menghargai teman
|
4x35 menit
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls IV SD
·
Buku pelajaran Kisah patuh kepada orang tua dan
guru
·
Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
1.1 Menerapkan
ketentuan syariat Islam
dalam bersuci dari hadats kecil
dan hadats besar
|
Mengenal Arti Bersih dan Sehat
|
Mengamati
·
Menyimak
penjelasan tentang Mengenal Arti Bersih dan Sehat
· Mengamati gambar tentang Bersih dan
Sehat
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang Mengenal
Arti Bersih dan Sehat
· Mengajukan pertanyaan tentang tentang Mengenal Arti
Bersih dan Sehat
Eksperimen/explore
·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan tentang Mengenal Arti Bersih dan Sehat
Asosiasi
·
Membuat
catatan hasil diskusi kelompok tentang Mengenal Arti Bersih dan Sehat
·
Menguhubungkan
pelajaran tentang Mengenal Arti Bersih dan Sehat dengan sikap
dan perilaku warga sekolah
sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang Mengenal Arti Bersih dan Sehat
·
Menyampaikan
hasil pengamatan Mengenal Arti Bersih dan Sehat Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
1.1.1 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar.
|
Tugas
·
Membuat contoh-contoh Mengenal
Arti Bersih dan Sehat
Observasi
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-
Mendiskusikan
pengertian Mengenal Arti Bersih dan Sehat
·
sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang Mengenal
Arti Bersih dan Sehat
Tes tertulis
Tes
dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian Mengenal
Arti Bersih dan Sehat
Non tes
Pengamatan
tentang perilaku:
·
Mengenal Arti Bersih dan Sehat
|
4x35 menit
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls IV SD
·
Gambar/
Poster
·
Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
3.4 Memahami tata cara bersuci
dari hadats kecil dan hadats besar sesuai
ketentuan syariat
|
Cara
menghilang
kan
hadas kecil ( Wudlu)
|
Mengamati
· Menyimak
tata cara bersuci dari hadats kecil secara klasikal atau
individual
· Mengamati
gambar contoh tata cara bersuci dari hadats kecil secara klasikal atau
individual
Menanya
· Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tata cara
bersuci dari hadats kecil Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan
Bagaimana caranya bersuci dari hadats kecil?
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan
isi gambar contoh tata cara bersuci dari hadats kecil baik secara klasikal maupun
kelompok.
· Mendiskusikan
tata cara bersuci dari hadats kecil baik secara klasikal maupun
kelompok.
Asosiasi
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang tata cara bersuci dari hadats
kecil
· Mengidentifikasi
tata cara bersuci dari hadats kecil
Komunikasi
· Menyampaikan
hasil diskusi tentang contoh tata cara bersuci dari hadats
kecil secara kelompok
· Menyimpulkan
hasil diskusi kelompok tentang contoh tata cara bersuci dari hadats
kecil secara individual atau kelompok
· Mempraktikkan/mensimulasikan
tata bersuci baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik
dan benar
· Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
3.4.1 Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar.
|
Tugas
· Mengisi
rubrik tentang tata cara bersuci dari hadats kecil
· Tugas
kelompok Menunjukkan dan menjelaskan gambar tentang tata cara
bersuci dari hadats kecil
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
· menceritakan
isi gambar tentang tata cara bersuci dari hadats kecil
· sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat
paparan tentang tata cara bersuci dari hadats kecil
Tes
· Tes
kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes
dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang tata cara
bersuci dari hadats kecil
· Tes
kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja/simulasi tata cara
bersuci dari hadats kecil
|
4x35 menit
|
· Buku PAI
dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
· Buku
Fiqih Ibadah
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
4.4 Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats
besar sesuai ketentuan syariat Islam
|
Bertayamum
|
Mengamati
· Menyimak
tata cara Bertayamum secara klasikal atau individual
· Mengamati
gambar contoh tata cara Bertayamum secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tata cara Bertayamum
· Mengajukan
pertanyaan, misalnya sebutkan Bagaimana caranya Bertayamum?
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan
isi gambar contoh tata cara Bertayamum baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Mendiskusikan tata cara Bertayamum baik
secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang tata cara Bertayamum
·
Mengidentifikasi tata cara Bertayamum
Komunikasi
· Menyampaikan
hasil diskusi tentang contoh tata cara Bertayamum secara
kelompok
· Menyimpulkan
hasil diskusi kelompok tentang contoh tata cara Bertayamum secara
individual atau kelompok
·
Mempraktikkan/mensimulasikan tata Bertayamum baik
secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar
· Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
4.4.1 Mempraktikkan tata cara
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar sesuai
ketentuan syariat Islam.
|
Tugas
·
Mengisi rubrik tentang tata cara Bertayamum
·
Tugas kelompok Menunjukkan dan menjelaskan
gambar tentang tata cara Bertayamum
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·
menceritakan isi gambar tentang tata cara Bertayamum
· sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat
paparan tentang tata cara Bertayamum
Tes
· Tes
kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi
gambar tentang tata cara Bertayamum
·
Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk
kerja/simulasi tata cara Bertayamum
|
4x35 menit
|
· Buku PAI
dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
· Buku
Fiqih Ibadah
· Gambar/
Poster
· Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video
|
||||
3.10 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s
3.11 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Dzulkifi a.s.
3.12 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Harun a.s
3.13 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Musa a.s
4.10 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s
4.11 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Dzulkifi a.s
4.12 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Harun a.s
4.13 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Musa a.s
|
keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi
Musa a.s,
|
Mengamati
·
Menyimak
kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli
a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s
·
Mengamati
isi kisah Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli
a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s yang perlu diteladani
(diimplementasikan).
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli
a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s
·
Mengajukan
pertanyaan tentang contoh-contoh sikap Nabi Ayyub
a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s yang hendak diteladani.
Eksperimen/explore
·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ayyub
a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s (mengidentifikasi).
Asosiasi
·
Membuat
catata hasil diskusi kelompok tentang kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s
·
Menguhubungkan
pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli
a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s dengan perilaku warga sekolah
sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub
a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s
·
Menyampaikan hasil
pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Ayyub
a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
3.10.1 Kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s
3.11.1 Kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s
3.12.1 Kisah keteladanan
Nabi Harun a.s
3.13.1 Kisah keteladanan Nabi
Musa a.s.
4.10.1 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s
4.11.1 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Zulkifli a.s
4.12.1 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Harun
a.s
4.13.1 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Musa a.s
|
Tugas
·
Membuat ringkasan kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
· Mendiskusikan kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s
·
Sikap
yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan
jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
· Membuat
catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan
tentang:
·
Contoh-contoh sikap
keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s
Non tes
Pengamatan
tentang perilaku:
·
Yang
mencerminkan sikap keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli
a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s
|
16x35 menit
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti Kls IV SD
·
Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul
·
Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
0 komentar:
Posting Komentar